Kekuatan Ekonomi desa


Iwan Fals dalam sebuah syair lagunya yang berjudul “Desa” dalam album manusia setengah dewa menyebutkan, “Desa harus jadi kekuatan ekonomi, desa adalah kekuatan sejati, desa adalah kenyataan, desa dan kota tak terpisahkan, tapi desa harus diutamakan”.
Syair lagu Desa tersebut mungkin merupakan sebuah kebenaran yang harus diwujudkan. Karena mayoritas penduduk desa bermata pencaharian petani, sehingga langkah untuk membangun kekuatan ekonomi desa seyogyanya harus difokuskan pada sektor pertanian.
Sejalan dengan hal ini, dalam menjadikan sektor pertanian sebagai roda penggerak pertumbuhan ekonomi maka komitmen untuk memperluas dan meningkatkan swasembada pangan harus terus diasah. Jika hal ini telah menjadi prioritas utama, maka tentunya untuk mewujudkan desa sebagai basis kekuatan ekonomi akan mendekati kenyataan. Sehingga pertumbuhan ekonomi yang diharapkan melalui sektor pertanian inipun dapat dicapai.
Tidak kalah pentingnya adalah potret desa sebagai simbol keterbelakangan dan ketidakberdayaan dapat terkikis, serta terwujudnya stabilitas ekonomi di desa.
[sumber : internet]
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: