musim katiga panjang, peternak kesulitan cari rumput


Musim kemarau ( usum katiga) berkepanjangan mengakibatkan para peternak sapi maupun kambing di desa kita ( penanggapan) mengalami kesulitan memberi makan ternaknya. ini di akibatkan karena rumput yang biasa mereka cari di sawah atau di ladang-ladang mulai mengering bahkan tidak tumbuh sama sekali.

Saya mengalami kesulitan sekarang, saya harus bangun lebih pagi dan harus extra kerja keras untuk mendapatkan satu karung rumput untuk makan sapi saya, ujar bu eti ( ibunya admin ) salah satu peternak sapi di daerah  cibuni.

supaya sapi saya bisa tetap gemuk dan sehat, saya selalu berusaha mencari rumput yang segar.  kadang harus mencari rumput ke wilayah desa tetangga, ke pinggir-pinggir waduk ( leban), “lanjut bu eti”

kekeringan memang melanda sebagian besar wilayah khusus nya di pulau jawa. iklim yang tidak menentu seperti ini juga membuat para peternak maupun petani di desa kita sulit menentukan waktu bercocok tanam. ( WT)

Tinggalkan Balasan

